SMAN 1 LEPAR PONGOK

Jalan Merdeka No.1 Tanjung Labu, Kec. Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan

BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERWAWASAN, LINGKUNGAN

SMA NEGERI 1 LEPAR PONGOK GELAR PEKAN LITERASI TAHUN 2022

Rabu, 02 Nopember 2022 ~ Oleh admin sekolah ~ Dilihat 316 Kali

Sekolah SMA Negeri 1 Lepar Pongok (Lepong) Kabupaten Bangka Selatan menggelar pekan literasi guna meningkatkan minat baca dan menulis kepada siswa, Selasa (25-27/10/2022).

Kegiatan yang berlangsung di SMA Negeri 1 Lepong dengan tema 'Dengan Sumpah Pemuda Ber-Literasi Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila' dibuka langsung Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hery Haryono.

Hery mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mensupport kegiatan pekan literasi yang dilaksanakan SMA Negeri 1 Lepar Pongok.

Menurutnya kegiatan pekan literasi dapat memberikan manfaat dan bisa bermakna banyak bagi para siswa dan juga bermakna luas bagi masyarakat.

"Untuk dukungan dari provinsi dalam program literasi diakhir tahun ini Insya Allah akan membangun pojok baca. Untuk titiknya nanti kami akan koordinasikan dengan pihak sekolah. Kami akan bertangungjawab untuk mensupport itu dalam bentuk sarana," katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Lepar Pongok Jasman mengatakan, melalui kegiatan pekan literasi diharapkan bisa memotivasi siswa dalam hal membaca dan   menulis guna meningkatkan kemampuan siswa yang tadinya tidak punya bakat menulis menjadi berbakat dan yang tberbakat menjadi lebih meningkat.

Selama 3 hari tersebut acara ini berjalan dengan sangat meriah, hal ini karna mengundang beberapa sekolah yg ada di Bangka selatan seperti SMAN 1 Toboali, SMAN 2 Toboali, SMAN 3 Toboali, SMAN 1 KEP. Pongok, SMPN  Se –Kecamatan Lepar Pongok, SD Se-Kecamatan Lepar Pongok dan TK Se-Kecamatan Lepar Pongok.

Pada hari pertama tuan rumah yaitu pihak penyelenggara menyediakan makan besar atau sering kita sebut dengan "Naganggungt", dimana makanan dan minuman di sajikan di atas dulang sedemikian rupa.lalu acara dilanjutkan dengan persembahan karya karya siswa/i SMAN 1 Lepar Pongok seperti paduan suara, menyanyi solo dan tarian kreasi dan sebagainya sampai hari kedua dan ketiga berlangsungnya acara.

Nah acara ini juga dihadiri dan di bantu oleh mahasiswa IAIN SAS BABEL, dengan begitu acara menjadi lebih sangat meriah dengan ditampilkannya tarian kreasi dan pantun berantai oleh kakak kakak mahasiswa.selain itu banyak juga siswa/i yg berasal dari luar sekolah SMAN 1 Lepar Pongok turun memeriahkan acara dengan menyumbangkan bakat-bakatnya.

Nah acara dan bagian yang paling ditunggu-tunggu yaitu malam puncak yang jatuh pada hari Rabu malam Kamis tepatnya pada tanggal 26 oktober yang menampilkan tari kreasi masal yg dilakukan seluruh siswa SMAN 1 Lepar Pongok dan tarian stop bullying juga disusul dengan persembahan dari vokal group Varellio dan kawan-kawan yang diakhiri dengan persembahan kembang api dan asap warna warni.

Pada rangkaian seluruh kegiatan ini sangat memberi wawasan bahwasanya kita bisa belajar, berkarya, dan bermakna dimana pun kita berada.

saya selaku penulis artikel ini mohon maaf jikalau artikel ini kurang dalam hal apapun dan saya juga minta maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan atau menyinggung pembaca.

Trimakasih....

 

Penulis : Varellio Tryan Febrieno

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT